5 Kondisi Berbahaya Menggunakan Ponsel, Termasuk di Toilet - Kabar Paciran -->
Baca artikel dan tutorial Android dan informasi gadget terbaik

5 Kondisi Berbahaya Menggunakan Ponsel, Termasuk di Toilet

KABAR.PACIRAN.COM – Telepon seluler atau ponsel cerdas memiliki sejumlah manfaat positif bagi masyarakat, terutama dalam memberikan kemudahan komunikasi antar sesama. Namun, jika digunakan dalam kondisi tertentu, ponsel justru membahayakan. 

Melansir dari Web MD, berikut adalah beberapa tempat dan keadaan yang membuat ponsel dan gawai berdampak negatif bagi kesehatan Anda.

Pria menggunakan ponsel di toilet. Ilustrasi: buzznigeria.com via tempo.co

1. Di toilet

Saat sedang buang air besar, umumnya orang-orang akan membawa serta gawai mereka. Ini bertujuan untuk menemani, ketimbang merenung di toilet. Sayangnya, menurut hasil sebuah penelitian, setidaknya satu dari enam handphone yang dibawa ke toilet, menyimpan kotoran, bakteri dan virus pembawa penyakit. Oleh karena itu, jangan lagi membawa gawai Anda ke toilet. Jika memang tidak memungkinkan, mengelap permukaan gawai dengan tisu basah sangatlah disarankan.

2. Di kendaraan

Entah itu motor ataupun mobil, jangan pernah berkendara dengan gawai di tangan Anda. Studi membuktikan bahwa setidaknya dalam waktu lima detik, hal ini dibutuhkan untuk mengambil konsentrasi Anda dalam mengangkat telpon maupun mengetik. Sayangnya, walaupun lima detik terbilang sebentar, para peneliti mengatakan bahwa kemungkinan untuk tabrakan akan meningkat 23 kali lipat, dibandingkan dengan mereka yang berkonsentrasi penuh.

3. Saat membawa banyak barang

Saat kedua tangan Anda dipenuhi dengan barang belanjaan ataupun alat kerja, jangan memaksakan untuk mengangkat telepon. Sebab, jika Anda menggunakan kepala dan bahu untuk menahan gawai, hal tersebut justru berbahaya bagi kesehatan Anda. Kemungkinan kecil ialah cedera pada bagian leher. Namun, tak menutup kemungkinan untuk saraf kejepit dan pembuluh darah yang menyempit.

4. Di kasur sebelum tidur

Kebiasaan baru apa yang Anda lakukan sebelum tidur? Setelah mematikan lampu kamar, mungkin Anda akan bermain gawai sebagai pengantar tidur. Sayangnya, hal ini sangat tidak baik untuk dilakukan. Para peneliti menunjukkan bahwa sinar radiasi dari gawai dapat mengganggu ritme tidur Anda. Apabila hal tersebut terjadi, tidak menutup kemungkinan untuk Anda terjangkit penyakit lanjutan seperti obesitas, diabetes dan sebagainya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan gunakan gawai saat akan tidur.

Load Comments

Subscribe Our Newsletter